Variabel pada sql (mysql)

 

variabel adalah ‘penampung nilai’. Nilai dari variabel bisa berubah-ubah dari waktu ke waktu, dan juga bisa dihasilkan ketika program sudah berjalan. Dalam matematika kita juga sering menemui istilah variabel yang sering ditulis sebagai x, y atau z. Pada MYSQL semua variable yang akan kita digunakan harus dideklarasikan. Penamaan variable dalam mysql tidak bersifat case sensitive.

Dalam mysql ada 2 macam variable.

  1. database variable system yaitu variable yang dibuat oleh system database itu sendiri. Variable ini tidak dibuat oleh user, tetapi oleh system mysql.

Untuk menampilkan seluruh variable yang elah di buat oleh database. Kita dapat menggunakan perintah

 

 

Hasil query

 

Query SHOW VARIABLES tergantung pada versi database yang di gunakan. jika kita hanya perlu menampilkan 1 row dari variable kita dapat menggunakan perintah select.

 

Select @@global.[variable_name]

 

 Dengan perintah tersebut kita dapat menampilkan seluruh value yang terdapat di variable tersebut. Missal kita akan menampilkan variable version.

 

Ref : https://dev.mysql.com/

 

  1. Variable yang di buat oleh user. Variable ini yang di buat oleh user atau pengguna. Kita dapat membuat variable apapun ( sesuai dengan aturan database). Variabel ini mempunyai life time pada session yaitu saat sebuah koneksi dengan MYSQL dimulai dan berakhir padasaat koneksi dengan MYSQL berakhir. Variable dibuat menggunakan perintah

 

SET @[nama variabel].

 

Nama variable harus diawali dengan @. Untuk menampilkan variable kita dapat menggunakan SELECT @[nama variable]