Programer Pertama Dunia

Ada Lovelace atau lebih di kenal dengan Augusta Ada Byron, yang bergelar Countess of Lovelace, dilahirkan di London, Inggris tanggal 10 Desember 1815 adalah anak tunggal dari penyair Lord Byron.seorang perempuan yang merupakan programer komputer pertama di dunia asal Inggris. Namanya memang tidak setenar Charles Babage atau Alan Turing, namun dialah programer komputer pertama yang layak mendapat tempat di hati para penggila teknologi saat ini


Sejarah kehidupan:


         Lady Byron dan putrinya masuk ke pergaulan kelas atas masyarakat London. Dan pada usia 17 tahun,AdaMary Somerville, seorang ahli matematika yang menerjemahkan karya LaPlace ke dalam bahasa Inggris memperkenalkan AdaCharles Babbage, yang saat itu sedang berusaha mengembangkan mesin hitung mekanis yang diberi nama “Difference Engine”. Ada Lovelace lalu melakukan korespondensi secara teratur dengan Babbage.

 

        Tahun 1843, Ada menulis paper mengenai pengembangan software komputer, kecerdasan buatan, dan musik komputer. Pada 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat memberinya penghormatan dengan menamakan bahasa pemrograman komputernya “Ada”

 

Tahun 1883 ia bertemu Charles Babbage, dan membantunya menulis program komputer pertama di dunia bagi mesin ciptaan Babbage, Analytical Engine, cikal bakal komputer saat ini. Bagian penting yang menjadi kontribusi perempuan tersebut adalah menerjemahkan memoar Luigi Menabrea, dan menambahkan catatan yang meliputi metide kalkulasi nomor-nomor Bernoulli pada mesin tersebut. Ada juga telah menulis sejumlah penjelasan awal mengenai komputer dan software. Sayangnya ia tak pernah bisa menuntaskan pengembangannya seputar dunia komputer uty sebab ia meninggal dalam usia 36 tahun karena kanker dan pendarahan pada 27 Novemver 1852.

 

         Ada Lovelace juga menambahkan satu set instruksi penggunaan mesin itu untuk menghitung “bilangan Bernoulli”, yang kemudian diakui dunia sebagai program komputer pertama di dunia, dan Ada Lovelace disebut sebagai programmerAda Lovelace pertama di dunia. Untuk mengenangnya, salah satu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat tahun 1979 diberi nama “ADA”. Charles Babbage sendiri menggelari Ada Lovelace sebagai “Enchantress of Numbers” atau Pesulap Angka. Catatan Ada sudah menggunakan iterasi (looping) dan alur kontrol if-then. Bagaimanapun, catatan itu kurang dilirik dunia sebelum tahun 1953. Namun, dengan temuannya tersebut, Ada Lovelace telah mampu menjelaskan hal yang kompleks dengan lebih baik, mirip seperti sebuah bahasa pengkodean / coding.