Data primer dan data sekunder

data dapat dibedakan berdasarkan sumbernya menjadi 2. Yaitu data primer (primary data sources) dan data sekunder (secondary data sources).  Walaupun keduanya sama-sama pada hakikatnya pengertian keduanya merupakan sumber data.

 

Data Primer

Data primer adalah data asli atau baru yang diperoleh langsung dari sumber - sumber tertentu oleh orang yang melakukan penelitian. Metode yang biasa di gunakan bias berupa survei ataupun observasi. Biasanya pengumpulan data ini melalui kontak atau komunikasi langsung antara peneliti dengan informan atau objek penelitian. Pengumpulan data dengan alat bantu (telpon) masih di sebut data primer.

Pengumpulan data primer ini memiliki kelebihan. Data yang di dapatkan dapat di jamin keakuratannya karena didapat berdasarkan apa yang dilihat.

Namun juga memiliki kekurangan. Biasanya pengumpulan data dengan metode ini memiliki rentang waktu yang cukup lama dan biaya yang relative cukup besar.

 

Data sekunder

Data Sekunder  adalah data yang dikumpulkan dari sumber - sumber yang sudah ada sebelumnya. Atau dengan kata lain kita mencari data dari karya tulis orang lain. Bias berupa buku, jurnal atau catatan.

Keuntungan dengan metode ini waktu dan biaya yang dibutuhkan relative lebih sedikit dibanding dengan metode primer.

Kekurangannya terkadang data yang kita gunakan sudah kadaluwarsa, sudah tidak relevan yang nantinya dan akan mempengaruhi hasil dari penelitian.