Data

 

Data” di ambil dari bahasa yunani yaitu “datum” yang dapat diartikan sesuatu yang dapat diberikan.

Beberapa ahli juga memberikan pendapat tentang apa itu data. Secara garis besar sesuatu yang belum memiliki arti bagi penerimanya, sesuatu yang belum di olah. Data dapat berupa fakta, gambar, angka, lambang yang nantinya dapat di susun menjadi informasi. Istilah data sering kita dengan terutama dalam bidang computer.

Fungsi Data

Data juga memiliki fungsi sebagai pondasi untuk membangun suatu informasi yang nantinya akan menentukan keputusan. Dalam penelitian data dapat di kumpulkan menjadi pedoman atau dasar penelitian dan perancangan suatu system atau keputusan. Data juga dapat berfungsi sebagai tolak ukur atau evaluasi terhadap suatu kegiatan.

Jenis Data

Selain fungsi data juga memiliki beberapa jenis tergantung dari mana diambilnya, berdasarkan sifatnya dan berdasarkan waktu pengambilannya.

Data berdasarkan sumber

  • Data Primer adalah data asli atau baru yang diperoleh langsung dari sumber - sumber tertentu oleh orang yang melakukan penelitian.
  • Data Sekunder  adalah data yang dikumpulkan dari sumber - sumber yang sudah ada sebelumnya. Seperti buku, jurnal atau dokumen dari penelitian sebelumnya.

Baca juga data primer dan data sekunder!!

Data berdasarkan sifat

  • Data Kualitatif biasanya dinyatakan dalam bentuk deskripsi atau juga dapat berupa symbol dan gambar.
  • Data Kuantitatif biasanya dinyatakan dalam bentuk angka dan bilangan.

Data berdasarkan waktu

  • Data Cross Section, adalah data yang dikumpulkan hanya waktu - waktu tertentu.
  • Data Berkala, adalah data yang diambil dengan rentang waktu tertentu dan terus menerus. Untuk mengetahui perkembangan dari objek penelitian.